Bagi
siapa pun yang mempelajari Manajemen Sumber Daya Manusia, pasti tidak akan asing
lagi dengan istilah seperti analisis pekerjaan, deskripsi pekerjaan, dan juga
spesifikasi pekerjaan. Tiga hal ini memang saling berhubungan, atau lebih
tepatnya saling merangkai. Dan ketiganya merupakan suatu proses yang dilakukan
sebelum perusahaan melaksanakan pengadaan karyawan.
Mengenai
deskripsi pekerjaan, mungkin banyak yang sudah memahami. Namun, untuk detail
apa saja yang diuraikan dalam deskripsi pekerjaan tersebut, masih banyak yang
belum memahaminya atau hanya dapat memberikan satu sampai dua identifikasi
saja.
Kali
ini, saya akan menguraikan hasil dari yang saya pelajari mengenai identifikasi
apa saja yang diuraikan dalam sebuah deskripsi pekerjaan. Ada 6 hal yang harus
diuraikan dalam deskripsi pekerjaan, antara lain :
1. Identifikasi Pekerjaan atau Jabatan
Yakni memberikan identitas atau nama terhadap pekerjaan
tersebut. Misalnya, pembantu rektor, sekretaris, redaktur eksekutif, manajer
produksi, dan lainnya.
2. Tugas dan Tanggung Jawab
Untuk Tugas & Tanggung Jawab, kita ambil contoh seorang staf perpustakaan
Ø Untuk tugas :
- Menyiapkan
daftar registrasi pengunjung perpustakaan
- Melayani
pengunjung
- Membuat
kartu anggota perpustakaan
Ø Untuk tanggung jawab :
- Merapikan
ruangan perpustakaan
- Mengembalikan
buku perpustakaan yang masih berada di meja baca ke rak buku tempat buku
tersebut
Tugas dan tanggung jawab ini juga terkait dengan pekerjaan
rutinitas dan pekerjaan pada moment – moment tertentu.
Ø Untuk pekerjaan rutinitas, misalnya seorang PNS, mereka harus
apel setiap hari senin pagi, dan juga harus dijelaskan mereka bekerja dari hari
senin sampai jum’at dari pukul berapa sampai pukul berapa
Ø Untuk pekerjaan pada moment – moment tertentu, misalnya staf
bagian akademik di perguruan tinggi. Mereka memang memiliki pekerjaan rutin,
tetapi setiap akhir semester mereka harus mempersiapkan administrasi untuk
membuat kartu ujian mahasiswa
3. 3. Standar Wewenang
Yakni batas wewenang yang dimiliki seorang karyawan dalam
pekerjaannya.
4. 4. Standar Pekerjaan
Yakni pencapaian atau prestasi yang harus dicapai seorang
karyawan dalam pekerjaannya.
5. Perlengkapan
Yaitu berbagai macam perlengkapan atau peralatan yang harus atau
dapat digunakan seorang karyawan dalam pekerjaannya. Misalnya laptop, alat
tulis, sarana transportasi, dan mungkin termasuk juga seragam kerja
6. Job Relations
Maksudnya ialah hubungan – hubungan yang dimungkinkan dalam
suatu pekerjaan. Atau penjelasan jika seorang menduduki suatu jabatan, maka
dengan siapa saja dia akan berhubungan. Misalnya seorang kasir di minimarket,
dia akan berhubungan dengan kasir yang lain, pelanggan, dan juga manajernya.
Demikian identifikasi saya
mengenai hal – hal yang diuraikan dalam deskripsi pekerjaan. Sekedar
menambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan uraian diatas bisa ditambah lagi
asal tidak lepas dari kaidahnya. Seperti halnya dalam manajemen pemasaran,
manajemen sumber daya manusia tidaklah membatasi kreativitas. Terima kasih ^-^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar